-->

3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik

Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara pembuatan magnet yang meliputi cara membuat magnet permanen, cara membuat pembangkit listrik tenaga magnet, cara membuat magnet buatan, cara membuat magnet listrik, cara membuat magnet dengan arus listrik, membuat magnet dengan cara induksi, cara membuat elektromagnet, bagaimana cara membuat magnet, cara membuat energi listrik dari magnet, cara membuat magnet dengan cara menggosok.

3 Cara Membuat Magnet

Sebelum dibuat menjadi magnet, besi dapat diberi bentuk seperti yang kita kehendaki . Bentuk magnet seperti batang disebut magnet batang.

Magnet dapat pula berbentuk bulat pipih, berbentuk seperti cincin, atau huruf U, bahkan magnet dapat berbentuk seperti coklat marbel yang bulat dan berwarna warni.

1. Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

Magnet dapat dibuat dengan cara digosok. Sebatang baja dapat dibuat menjadi magnet dengan cara menggosokkan sebuah batang magnet pada baja tersebut. Menggosokkannya harus dengan teratur dalam satu arah dan dilakukan berulang-ulang. Baja akan menjadi magnet permanen.
3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik
Gambar: Membuat Magnet dengan Menggosok

Artinya setelah selesai penggosokkan, batang baja akan menjadi magnet. Untuk menentukan bagian kutub utara (U) dan kutub selatan (S) baja tersebut.

Bila yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara (U) magnet, maka tempat mulai menggosoknya akan menjadi kutub utara (U), dan ujung batang lainnya menjadi kutub selatan (S).

Sebaliknya, bila yang dipakai menggosok adalah ujung kutub selatan (S) magnet, maka tempat mulai penggosokkan akan menjadi kutub selatan (S).

2. Cara Membuat Magnet dengan Cara Induksi

Magnet dapat dibuat dengan cara induksi magnet. Menginduksikan magnet ialah memberikan sifat magnet kepada besi atau baja tanpa disentuhkan kepadanya. Caranya adalah dengan mendekatkan sebatang besi atau baja ke magnet batang yang kuat.
3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik
Gambar: Membuat Magnet dengan Induksi

Ujung besi yang dekat ke salah satu kutub magnet memperoleh kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Misalnya, kutub selatan magnet batang didekatkan pada ujung A batang besi (misalnya paku), maka ujung A menjadi kutub utara, sedangkan ujung B menjadi kutub selatan.

Jika ujung B dicelupkan ke dalam serbuk besi, maka ada serbuk besi yang melekat pada paku. Kekuatan magnet hasil induksi sangat lemah, sehingga bila magnet batang dijauhkan dari paku, serbuk besi akan jatuh kembali.

3. Cara Membuat Magnet dengan Dialiri Arus Listrik

Sebuah magnet dapat dibuat dengan menggunakan arus listrik. Adapun caranya dengan melilitkan kawat penghantar pada batang paku di sekelilingnya.

Kemudian, ujung-ujung kawat dihubungkan dengan baterai sehingga arusnya mengalir melalui lilitan kawat tadi. Magnet yang dihasilkan disebut elektromagnet.
3 Cara Membuat Magnet dengan Cara Menggosok, Induksi dan Dialiri Arus Listrik
Gambar: Membuat Magnet dengan Dialiri Arus Listrik

Magnet yang dibuat dengan cara ini akan hilang sifat magnetnya jika aliran listrik dihilangkan. Sifat magnet pada suatu benda juga dapat dihilangkan melalui proses pemukulan, pemanasan, dan mengalirkan arus bolak balik pada benda. 

Ketiga perlakuan ini menghilangkan sifat magnet karena akan membuat atom-atom dalam magnet bergetar dan merubah arah atom, sehingga sifat magnetiknya hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel